Sabtu, 11 Juni 2011

RPP PLH KLS XI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran          : PLH
Status Pendidikn       : SMA NEGERI 18 GARUT
Kelas Semester           : XI / I ( Ganjil )
Alokasi Waktu           :           Jam Pelajaran

I. STANDAR KOMPETENSI
3.  Mengenal dan mamahami berbagai bentuk dan cara pengelolaan lingkungan yang berkualitas.
II. KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami konsep dan prinsip pengelolaan lingkungan dan baku mutu lingkungan.
 III. INDIKATOR
a.       Menjelaskan pengertian, pengelolaan lingkungan.
b.      Mendiskripsikan dasar-dasar pengeloaan lingkungan
c.       Menguraikan kewenangan pemerintah dalam pengelolaan lingkungan.
d.      Mendiskripsikan kewenangan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan
e.       Menguraikan mekanisme pengelolaan lingkungan sesuai dengan hak dan kewajiban.
 IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
a.       Memahami arti pengelolaan lingkungan
b.      Mengetahui dasar-dasar pengelolaan lingkungan
c.       Mengetahui kewenangan pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan
d.      Mengtahui mekanisme pengelolaan lingkungan sesuai dengan hak dan kewajiban
 V. MATERI PEMBLAJARAN
Pengelolaan lingkungan hidup

VI. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi dan study literatur
VII. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan pendahuluan
-          Apa sajakah kewajiban masyarakat terhadap lingkungannya
2.      Kegiatan Inti
-          Menjelaskan pengertian pengelolaan lingkungan.
-          Menjelaskan dasar-dasar pengelolaan lingkungan
-          Menguraikan kewenangan pemerintah dalam pengelolaan lingkungan
-          Mendiskusikan mekanisme pengeloan lingkungan sesaui dengan hak dan kewajiban
3.      Penutup
-          Menyimpulkan hasil diskusi
-          Post test
  VIII. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
-          Buku yang relevan
-          LKS
 IX. PENILAIAN
-          Test Tertulis
-          Unjuk Kerja
-          Lisan


 Mengetahui
Karangpawitan,                2010
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Drs. H.CUCU SUPENA, MM.Pd.
Nura Samsumara, S.Pd
NIP. 19590202 198710 1 001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 Mata Pelajaran          : PLH
Status Pendidikn       : SMAN 18 GARUT
Kelas Semester           : XI / I ( GANJIL )
Alokasi Waktu           :           Jam Pelajaran

I. STANDAR KOMPETENSI
3.  Mengenal dan mamahami berbagai bentuk dan cara pengelolaan lingkunga yang berkualitas.
II. KOMPETENSI DASAR
3.2    Menyadari pentingnya keankaragaman hayati dan konservasinya
III. INDIKATOR
a.Menjelaskan pengertian dan sifat keanekaragaman hayati.
b.Mendiskripsikan manfaat dan peran keanekaragaman hayati dalam pelestarian lingkungan yang  berkualitas.
c. penyebaran sumber daya hayati khususnya di Tulungagung.
d. pengertian dan sifat konservasi sumber daya hayati.
e.  Mnedikripsikan pengaruh budaya / kultur kehidupan manusia pada kelestarian sumber daya hayati.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Memahami pengertian dan sifat keanekaragaman hayati.
b.  Mengetahui manfaat dan peran keanekaragaman hayati
c.  Mengetahui penyebaran sumber daya hayati khususnya di Tulungagung.
d. Mamahami pengertian dan sifat konservasi sumber daya hayati.
e.   Mengetahui pengaruh budaya atau kultur kehidupan pada kelestarian sumber daya hayati.

V. MATERI PEMBLAJARAN
Keanekaragaman hayati dan konservasinya
VI. METODE PEMBELAJARAN
Diskusi
VII. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.            Kegiatan pendahuluan
  • Apa sajakah manfaat keanekaragaman hayati?
2.            Kegiatan Inti
  • Menjelaskan pengertian keanekaragaman hayati
  • Diskusi tentang sifat keanekaragaman hayati
  • Mendiskusikan metode pencegahan kerusakan lingkungan
  • Menjelaskan pengertian pencemaran lingkungan dan pencegahaannya.
  • Melakukan pengamatan limbah yang ada di lingkungan sekolah.
3.            Penutup
  • Menyimpulkan hasil diskusi
  • Post test
 X. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
  • Buku yang relevan
  • LKS
 XI. PENILAIAN
  • Test Tertulis
  • Lisan
  • Unjuk kerja


  •  
 Mengetahui
Karangpawitan,                2010
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Drs. H.CUCU SUPENA, MM.Pd.
Nura Samsumara, S.Pd
NIP. 19590202 198710 1 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 Mata Pelajaran          : PLH
Status Pendidikn       : SMAN 18 GARUT
Kelas Semester           : XI / I ( GANJIL )
Alokasi Waktu           :           Jam Pelajaran
  
I. STANDAR KOMPETENSI
3.   Mengenal dan mamahami berbagai bentuk dan cara pengelolaan lingkungan yang berkualitas.
 II. KOMPETENSI DASAR
3.3 Memahami prinsip dasar pengendalian lingkungan berkualitas.
 III. INDIKATOR
a.       Menyebutkan standar kualitas dan baku mutu lingkungan
b.      Mendiskripsikan metode pencegahan kerusakan lingkungan. Menyebutkan
c.       Menjelaskan pengertian pencemaran lingkungan dan pencegahannya.
d.      Mendiskripsikan tentang limbah : batasan, sumber, jenis, sifat dan cara pengelolaannya.
 IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
a.       Mengetahui standar kualitas dan baku mutu lingkungan.
b.      Mengetahui metode pencegahan kerusakan lingkungan.
c.       Memahami pengertian pencemaran lingkungan dan pencegahannya.
d.      Mengetahui tentang limbah : batasan, sumber, jenis, sifat dan cara pengelolaannya.
 V. MATERI PEMBELAJARAN
- Dasar dan metode pengendalian kualitas lingkungan

VI. METODE PEMBELAJARAN
- Diskusi
 VII. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan pendahuluan
- Apa yang dimaksud dengan lingkungan berkualitas ?
2.      Kegiatan Inti
-    Menjelaskan pengertian lingkungan yang berkualitas
-    Mendiskusikan metode pencegahan kerusakan lingkungan
-    Menjelaskan pengertian pencemaran lingkungan dan pencegahannya.
-    Melakukan pengamatan limbah yang ada di lingkungan sekolah.
3.      Penutup
-    Menyimpulkan hasil diskusi
-    Post Test
-    Mendiskusikan batasan tentang hutan dan pekarangan sebagai bekal untuk mendukung lingkungan yang berkualitas
  VIII. MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
-          Buku yang relevan
-          Charta sumber daya alam hayati
 IX. PENILAIAN
-          Test Tertulis
-          Lisan





 Mengetahui
Karangpawitan,                2010
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Drs. H.CUCU SUPENA, MM.Pd.
Nura Samsumara, S.Pd
NIP. 19590202 198710 1 001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 Mata Pelajaran          : PLH
Status Pendidikn       : SMAN 18 GARUT
Kelas Semester           : XI / I ( GANJIL )
Alokasi Waktu           :           Jam Pelajaran

 I. STANDAR KOMPETENSI
-          Mengenal dan mamahami berbagai bentuk dan cara pengelolaan lingkungan yang berkualitas.
  II.                KOMPETENSI DASAR
-          Mengenal cara pengelolaan lingkungan udara, air, hutan dan pekarangan.
  III. INDIKATOR
a.       Mendiskripsikan batasan tentang udara, air dan tanah.
b.      Mendiskripsikan cirri-ciri udara, air dan tanah yang bersih.
c.       Mendiskripsikan metode pengelolaan udara, air dan tanah untuk mendukukung lingkungan yang berkualitas.
d.      Mendiskripsikan batasan tentang hutan dan pekarangan sebagai bekal untuk mendukung lingkungan yang berkualitas.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
a.       Mengetahui batasan tentang udara, air dan tanah.
b.      Mengetahui ciri-ciri udara, air dan tanah yang bersih.
c.       Mengetahui metode pengelolaan udara, air dan tanah untuk mendukukung lingkungan yang berkualitas
d.      Memahami batasan tentang hutan dan pekarangan sebagai bekal untuk mendukung lingkungan yang berkualitas.
V. MATERI PEMBELAJARAN
-     Pengelolaan udara, air, tanah, hutan pekarangan
 VI.             METODE PEMBELAJARAN
-          Diskusi
-          Pengamatan

VII.          LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan pendahuluan
  • Bagaimana ciri-ciri udara yang sehat?
2.      Kegiatan Inti
  • Menjelaskan batasan tentang udara, air dan tanah
  • Menjelaskan ciri-ciri udara air dan tanah yang bersih
  • Mendiskusikan tentang metode pengelolaan udara, air dan tanah untuk mendukung lingkungan yang berkualitas.
3.      Penutup
  • Menyimpulkan hasil pengamatan
  • Test lisan
VIII.       MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.      Buku yang relevan
2.      LKS
 IX.             PENILAIAN
1.      Test Tertulis
2.      Lesan
3.      Langkah kerja

Mengetahui
Karangpawitan,                2010
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Drs. H.CUCU SUPENA, MM.Pd.
Nura Samsumara, S.Pd
NIP. 19590202 198710 1 001


2 komentar:

  1. info nya sangat membantu sekali. maaf pak ada buku panduan untuk mengajar plh kls XI dan XII ?

    BalasHapus
  2. info nya sangat membantu sekali. maaf pak ada buku panduan untuk mengajar plh kls XI dan XII ?

    BalasHapus